Nama : Shinta Larasati
Kelas : 2KA23
Kelas : 2KA23
NPM : 16115551
Berikut akan saya ulas secara singkat mengenai Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi,dengan poin-poin sebagai berikut :
a. Sejarah Teknologi Informasi
Perkembangan Teknologi Informasi |
- Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa pra-sejarah teknologi informasi digunakan sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang ingin dikenali. Informasi yang didapatkan kemudian digambarkannya pada dinding-dinding gua atau tebing-tebing bebatuan. Pada masa pra-sejarah sudah dimiliki kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar lingkungan dan mepresentasikannya dalam berbagai bentuk yang kemudian dilukis pada dinding gua tempat tinggal mereka. - Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Pada masa sejarah, ditemukanlah alfabet dan angka arabik yang memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka. Namun,teknologi pada zaman ini hanya berkembang dan di gunakan pada kalangan masyarakat golongan atas atau kepala suku. - Masa Tahun 1900-an s/d sekarangPada masa ini,teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi seperti televisi,radio,komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Sejarah Perkembangan Komputer |
- Generasi Pertama (1940-1956)
Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk penyimpanan memori. Tabung vakum digunakan untuk memeperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan elektron di ruang evakuasi. Komputer generasi pertama sangatlah sulit untuk dioperasikan dan berbiaya sangat mahal. - Generasi Kedua (1964-1971)
Teknologi tabung vakum mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada komputer mulai digunakan di akhir 1950-an. Keunggulan transistor adalah bentuknya yang lebih kecil. Dengan bentuk minimalis dari transistor, komputer menjadi lebih kecil dan hemat energi. Di generasi kedua ini, bahasa pemograman mulai diperkenalkan, seperti contohnya COBOL dan Fortran. Teknologi penyimpanan memori juga berubah dari drum magnetik menjadi teknologi magnetik. - Generasi Ketiga (1964-1971)
Pengembangan sirkuit terpadu adalah ciri khas dari generasi ketiga komputer. Bentuk transistor semakin diperkecil dan ditempatkan di chip silikon, yang dinamakan semikonduktor. Teknologi ini semakin mempercepat kinerja komputer. Selama periode ini, mouse dan keyboard mulai diperkenalkan, generasi ketiga juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi. - Generasi Keempat (1971-sekarang)
Di periode ini prosesor mikro mulai diperkenalkan, saat ribuan sirkuit terpadu dimasukan ke dalam sebuah silikon chip yang kecil. Prosesor pertama Intel, 404 chip mulai menjadi otak utama di sebuah komputer. saat periode inilah istilah Personal Computer (pc) mulai digunakan. Dengan teknologi yang lebih maju, generasi keempat menjadi tonggak awal pembangunan internet. - Generasi kelima (sekarang-masa depan)
Komputer generasi kelima dibangun berdasarkan teknologi kecerdasan buatan, dan masih dalam tahap pengembangan. Contoh teknologi yang sudah sering digunakan adalah teknologi pengenal suara. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor menjadi dasar dari kecerdasan buatan. Tujuan dari komputasi generasi terbaru adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon bahasa manusia.
Berikut video singkat Perkembangan Komputer,
silahkan di tonton untuk informasi yang lebih lengkap.
c. Perangkat Komputer
Perangkat Pada Komputer |
- Hardware
atau Perangkat Keras
merupakan komponen dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba keberadaannya. Perangkat keras (Hardware) ini terdiri atas perangkat input/output, perangkat penyimpanan, perangkat pemroses. Masing-masing perangkat tersebut ialah, keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU, dan lain-lain. Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan. - Software atau Perangkat Lunak
merupakan sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah. Fungsi perangkat lunak (software) antara lain memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah dan juga sebagai sarana interaksi yg menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras.
d.Pemanfaatan Sistem/Teknologi Informasi
Manfaat Teknologi Informasi |
- Bidang Pendidikan : peran teknologi di bidang ini memang sangat penting. Karena dengan teknologi dunia pendidikan bisa lebih efektif dan memudahkan para pelajar mendapatkan tambahan atu mengembangkan materi yang dipelajarinya. Selain itu teknologi memudahkan juga dalam proses belajarnya seperti E-Learning, proses belajar yang bisa dilakukan tanpa tatap muka.
- Bidang Kesehatan : alat pendeteksi jantung untuk mengecek kondisi jantung dan USG bagi ibu hamil dalam memantau perkembangan janin yang dikandung. Kedua hal tersebut merupakan contoh penerapan teknologi dalam bidang kesehatan.
- Bidang Transportasi : GPS merupakan
salah satu bentuk penerapan teknologi dalam bidang ini. Dengan dipasangnya GPS
di mobil para pngendara mobil dapat dengan mudah menentukan lokasi yang dituju.
- Secara umum, manfaat teknologi
informasi antara lain :
- Memudahkan kita dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi,
- Terbukanya peluang bisnis yang baru,
- Adanya peningkatan kualitas serta kuantitas pelayanan publik,
- Adanya peningkatan layanan informasi jarak jah dalam bidang kesehatan (telemedicine),
- Terciptanya e-Learning sebagai salah satu sarana dalam memperbaiki sistem pendidikan,
- Terciptanya lapangan pekerjaan,
- Memperkaya ilmu dan pengetahuan dalam semua bidang termasuk dalam aspek kebudayaan,
- Terdorongnya proses demokrasi dalam segala hal.
Selanjutnya,akan saya ulas secara singkat mengenai Perkembangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak, dengan poin-poin sebagai berikut :
a. Pemahaman Komponen Perangkat Keras
a. Pemahaman Komponen Perangkat Keras
- Input
device
merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah maupun koneksi kedalam sistem komputer untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Ada beberapa perangkat yang masuk kategori input device, diantaranya adalah:
Input Device - Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf dan angka serta perintah pada komputer,
- Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik,
- Scanner : berfungsi untuk memindai (memindahkan) teks dokumen, foto, suatu benda dan lain-lain. Hasil pemindaian itu akan ditampung ke dalam memori komputer sebagai data digital,dll.
- Process Device
merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Ada beberapa perangkat yang masuk kategori proses device, diantaranya adalah:
Proses Device
- CPU / Processor : bagian terpenting yang menjalankan sistem komputer. Bisa di ibaratkan sebagai otak pada komputer,
- Memori / RAM (random access Memory) : Memori merupakan perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara,sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Maka dari itu RAM besar berpegaruh pada kecepatan komputer,
- Motherboard : Merupakan perangkat yang menghubungkan perangkat keras komputer antara satu dan yang lain,dll.
- Unit Kontrol
berguna untuk menginstruksikan sistem komputer bagaimana cara mengikuti instruksi sebuah program. Hal tersebut akan menghubungkan langsung data dari dan ke memori prosesor. Unit kontrol menyimpan data sementara, instruksi dan memproses sebuah informasi dengan menggunakan unit arihmetic/logic. Sebagai tambahan, unit juga mengontrol sinyal antara CPU dan piranti eksternal seperti harddisk, memori utama dan port I/O.
- Storage Device
merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer. Adapun yang termasuk output device adalah:
Media Penyimpanan - Hardisk : Perangkat penyimpanan utama pada komputer, biasanya tampil di komputer dengan sebutad Drive :C, Drive D, dan seterusnya. Tergantung pembagian partisinya,
- CD/DVD : Penyimpanan ekternal berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.
- Flashdisk : Perangkat penyimpanan eksternal yang saat ini paling banyak digunakan karena bisa menyimpan dan menghapus data,dll.
- Output Device
merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik berupa tampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk output device adalah:
Output Device - Monitor/ Lcd Monitor : berfungsi untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/ gambar,
- Speaker : befungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer,
- Printer : untuk mencetak pada media kertas, dll.
b. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
- Evolusi Perangkat Lunak,terdiri dari :
-
Tahun-tahun pertama (1950-1960)
- Batch orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu atau proses dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah Online atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.
- Limmited distribution
Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan tertentu.
- Custom software
Software yang dikembangkan berdasarkan keinginan perusahaan-perusahaan tertentu. - Era kedua (1960-1970)
- Multi user
Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.
- Real time
Suatu sistem yang dapat mengumpulka , menganalisa dan mentransdormasikan data dari berbagi sumber, mengontrol proses dan menghsailkan output dalam mili second.
- Database
Perkembangan yang pesat dari alat penyimpanan data yang online menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (Data Base Management System).
- Product Software
Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas. - Era Ketiga (1970-1990)
- Distributed system
Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lainnya yang juga memilki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.
- Embedded Intelegence
Suatu product yang diberi tambahan "Intellegence" dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot dan lain-lain
- Low Cost Hardware
Harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
- Consumer Impact
Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat. - Era Keempat (1990-2000)- Expert systemSuatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi dan lain-lain,- AI MachineSuatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.- Parallel ArchitectureArsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN pararel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.
Klasifikasi Perangkat Lunak1. Perangkat Lunak Sistem :
- Bahasa Pemrograman (Programing Utility)merupakan program yang di gunakan untuk menerjemahkan instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh komputer. Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu:- Bahasa tingkat rendah (Low Level Language)
Bahasa ini di sebut juga bahsa mesin (Assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1. -
Bahasa tingkat tinggi (High Level Language)
merupakan bahasa pemrogramana yang mudah di pelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contohnya: BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN. - Bahasa generasi keempat (4 GL)merupakan bahasa yang beroreintasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contohnya: Visual Basic, Delphi, Visual C++.- Sistem Operasimerupakan program yang berfungsi untuk mengendalikan sisitem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Fungsinya antara lain : menyimpan program di dalam CPU,mengalokasikan tugas-tugas penting,merekan sumber data,mengatur memori sistem termasuk penyimpanan,menghapus dan mendapatkan data,memeriksa kesalahan sistem,memelihara keamanan sistem,dll.- Program Bantu (Utility)merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.2. Perangkat Lunak Aplikasi :
- Alikasi Office merupakan kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran tanpa melakukan sebuah pengkodean/Coding dengan bahasa pemrograman terlebih dahulu. Contohnya : pengolah kata (Microsoft Word, Amipro, Word Perfect, OpenOffice.Org Writer),pengolah angka (Microsoft Excel, Symphony, Super Calc, OpenOffice.Org Calc),pengolah data ( Microsoft Access, OpenOffice.Org Base),dll.- Aplikasi Multimediamerupakan aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, Totem, atau Jet Audio yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.- Aplikasi Internet
merupakan aplikasi yang di gunakan atau berjalan dengan kerjasama melalui internet. Contohnya adalah browsing (Mozilla,Google chrome),chatting(facebook),email,dll.Sekian yang dapat saya bagikan,semoga bermanfaat untuk pembaca. Termakasih.
Kristianto, Adi, 2004, Rekayasa Perangkat Lunak : KOnsep Dasar, Gava Media Yogyakarta
-
Tahun-tahun pertama (1950-1960)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar